Jumat, 02 November 2012

Aplikasi Internet


Aplikasi internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah yang digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis, medis, media massa dan berbagai sektor industri lainnya. Aplikasi yang paling banyak dikenal dan digunakan yaitu :
    World Wide Web (www)
World Wide Web (www) merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting karena dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang tersimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web tersebut dibuat dengan format hypertect dan hypermedia dengan menggunakan Hypertext markup Languange (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio dan video.
2     Electronic mail (Email)
Email atau surat elektronik adalah aplikasi intrnet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama persis dengan mengirimkan sebuah surat biasa, dapat mengirimkan dokumen, gambar dan sebagainya.
3     Mailing List (Milis)
Mailing List sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis merupakan bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan email.
4    Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dalam sebuah forum. Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama untuk membahas topik-topik tertentu. Sarana yang mungkin digunakan dapat berupa media multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas video conferencing ataupun text saja atau tect dan audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC).
5    Internet Raly Chart (IRC)
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet yang dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang kita katakan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.
6     File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol(FTP) merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau mengambil file atau dari sebuah komputer lain dengan lebih cepat. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip file di suatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file). File tersebut memang diijinkan untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya.. File ini bisa juga berupa hasil penelitian, artikel-artikel, jurnal dan lain-lain. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.
7    Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Telnet dapat kita gunakan apabila kita mempunyai alamat IP(IP Address) dari computer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (Used ID dan password).
8    Gopher
Gopher adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi yang melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.
9    Ping
Ping adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan computer lain di internet. Pengecekan hitungan ini dilakukan dengan cara mengirim sejumlah paket data.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar