Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Mudah Mengatasi Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Saat musim hujan datang, udara yang lembab akan sangat mendukung berkembangnya berbagai virus dan bakteri. Apalagi ketika Anda kurang memerhatikan kondisi tubuh, lelah, dan asupan nutrisi tidak seimbang dapat menjadi penyebab utama terpapar penyakit. Sakit tenggorokan terjadi karena adanya peradangan pada batang saluran tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Radang akan memicu pembengkakan sehingga penderita akan mengalami kesulitan menelan, gatal, dan nyeri. Anda pun akan kehilangan selera makan karena rasa sakit saat menelan dan kadang disertai batuk karena gatal pada leher Anda. 

Ada tips mudah untuk mengatasi sakit tenggorokan, yakni dengan berkumur dengan air garam,  untuk itu cobalah cara berikut ini :
Ambil ½ sampai ¾ sendok garam dapur dan larutkan dalam 100 Ml air hangat. Berkumurlah dengan posisi kepala menengadah lalu buang air kumur. Lakukan terus sampai air larutan garam habis. Berkumurlah 2-3 kali dalam sehari agar sakit tenggorokan cepat reda. 

Penjelasan ilmiahnya adalah garam mempunyai sifat mengikat air, sehingga saat Anda berkumur air garam, sifat garam dengan serta merta mengikat cairan sekaligus bakteri yang ada bersamanya. Ini akan mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Selain itu garam dapat berfungsi sebagai antiseptik karena garam akan membersihkan tenggorokan dan menghambat pertumbuhan bakteri di tenggorokan serta mempercepat proses penyembuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar