Minggu, 06 Januari 2013

Manfaat Dan Khasiat Madu Untuk Kesehatan


Madu adalah sebuah cairan berasa sangat manis yang dihasilkan oleh lebah dari sari – sari bunga. Sudah dari sejak dahulu manusia telah memanfaatkan madu sebagai bahan konsumsi selain rasanya yang enak, madu juga ternyata memiliki banyak khasiat.
Beberapa dalil atau hadist yang meriwayatkan tentang Manfaat Madu untuk Kesehatan antara lain, Nabi SAW bersabda: "Obati penyakit kalian dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kemudian terapilah dengan MADU, HABATUS SAUDA, ZAITUN." Dan yakinlah bahwa ALLAH lah yang menyembuhkan segala penyakit.
Dalam riwayat lain disebutkan: "Hendaklah kalian menggunakan 2 macam obat:Madu dan Al Quran" dari shahih Bukhari dan Muslim.
Berikut adalah beberapa manfaat madu bagi kesehatan:
1.Obat luka dan borok.
Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Madu berisi glukosa dan enzim yang disebut oksidase glukosa. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Madu dalam kemasan tidak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa memerlukan lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. PH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberikan kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

2. Madu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat
Madu menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Madu tidak mengandung lemak jenuh sehingga tidak menambah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, satu sendok makan madu setiap hari dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

3. Obat untuk Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.
  
4. Merangsang pertumbuhan jaringan
Propolis, enzim, dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.
  
5. Madu bermanfaat untuk meningkatkan energi
Madu dapat digunakan untuk menambah energi. Banyak atlet mengonsumsi madu untuk meningkatkan stamina tubuh mereka. Madu menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu mendapatkan energi. Madu juga merupakan sumber yang bagus untuk zat besi, kalium, dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.

6. Menghaluskan kulit
Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

7. Antioksidan kuat
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

8. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis.

9. Meringankan penyakit pernafasan
Madu sangat efektif untuk penyakit pernapasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek, flu, dan infeksi pernapasan.
Selain ketujuh manfaat di atas, madu secara keseluruhan sangat baik untuk Anda karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral. Madu berwarna gelap mengandung jumlah nutrisi yang lebih tinggi daripada yang berwarna lebih terang. Sebaliknya, gula pasir tidak memiliki nutrisi atau antioksidan sama sekali. Jadi, mengganti gula dengan madu sebagai pemanis memiliki banyak keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar