Rabu, 13 Oktober 2010

Pangantar Bisnis : Bisnis Fotokopi yang Menggiurkan

BISNIS FOTOKOPI YANG MENGGIURKAN


Di era globalisasi ini, semakin tingginya pengeluaran kebutuhan hidup yang kita hadapi saat ini, terkadang tidak sebanding dengan pendapatan kita. Untuk itulah mengapa kita tidak mencoba  untuk membuat suatu usaha yang dapat menutupi pengeluaran hidup kita sekaligus dapat menambah pengeluaran kita.
Setelah saya cermati berbagai bidang usaha. Saya tertarik dengan bisnis fotokopi. Mengapa demikian ? karena saya melihat bahwa bisnis fotokopi mempunyai prospek cukup cerah dan selalu memiliki pasar. Coba kita ingat kembali dizaman kita sekolah dahulu hingga sampai sekarang ini (sudah bekerja) pasti tidak luput dari kegiatan mengcopy berkas entah itu bahan pelajaran bahkan sampai berkas-berkas penting seperti ijazah, akta, dll yang memerlukan salinan sebagai pengganti dari berkas tersebut.
Untuk menjalankan usaha ini diperlukan modal yakni tempat usaha dan alat yang diperlukan dalam beroperasinya usaha fotokopi tersebut. Untuk tempat usaha didirikan hendaknya harus strategis agar keberhasilan usaha kita dapat dicapai. Seperti di sekolahatau universitas. Jika anda sudah menemukan tempat yang tepat, maka itu sudah awal  yang sangat bagus. Alat utama yang diperlukan dalam bisnis ini tentu saja mesin fotokopi itu sendiri. Memang harga mesin fotokopi tersebut lumayan mahal. Jika anda tidak mampu untuk membeli yang baru anda tidak perlu khawatir karena banyak tempat yang menyewakan mesin fotokopi tersebut. Sebagai pemula anda lebih baik menyewa mesin fotokopi tersebut. Selain mesin fotokopi tersebut kita juga perlu persiapan modal cadangan dan supplier, seperti ATK, kertas, toner/tinta. Pastikan kita mendapatkan supplier yang baik & persediaan yang cukup.
Ada baiknya anda juga menambahkan fasilitas seperti laminating/press, jilid. bahkan ada beberapa tempat fotokopi yang menyewakan rental computer. Hal ini tentu sangat bergantung pada kemampuan  modal usaha yang anda miliki dan kebutuhan konsumen tempat dimana anda menjalankan usaha tersebut. Akan sangat bagus lagi jika anda mengetahui perkembangan kebutuhan pasar dan teknologi alat-alat yang menunjang usaha fotokopi tersebut.
Hal-hal yang diperlukan diperhatikan dalam menjalankan usaha fotokopi ini antara lain ;
Ø  Dalam menentukan tarif harga hendaknya kita jangan terlalu mematok harga terlalu tinggi dengan pesaing kita. Alih-alih ingin mendapatkan untung lebih bisa-bisa malah pelanggan kita beralih ke tempat lain.
Ø  Usahakan menjaga kualitas & mutu terhadap jasa yang kita berikan, seberapa cepat jasa yang diberikan dan seberapa rapi order yang dihasilkan.

Memang setiap usaha pasti ada pasang surutnya. Untuk usaha ini ketika musim liburan tiba biasanya usaha ini akan sepid ari order. Tetapi jangan khawatir karena yang namanya rezeki pasti akan datang dengan sendirinya. Asal kita mau tetap berusaha dan bekerja keras.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar