Jumat, 02 November 2012

MANFAAT PUASA


Puasa tak hanya sekedar ibadah namun juga memberikan manfaat baik bagi tubuh kita. Dibalik  puasa ternyata tersimpan rahasia yang terkandung dalam puasa. Banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dengan berpuasa, baik dari segi rohani maupun kesehatan. Jika disertai dengan konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka, manfaat puasa akan lebih maksimal. Beberapa manfaat  ilmiah puasa bagi kesehatan yaitu :
1.      Mengistirahatkan Sistem Pencernaan
Pada saat puasa, tubuh dan sistem pencernaan dapat berisitirahat untuk sementara waktu. Dengan demikian organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung serta usus dapat bekerja lebih optimal ketika mulai mencerna makanan kembali.
2.      Memabantu Proses Detoktifikasi Alami dalam Tubuh
Pada saat puasa, tubuh kita melakukan proses detoks alami, yaitu menetralisir racun dalam tubuh. Ketika lambung kosong, proses penyerapan nutrisi makanan akan lebih sempurna sehingga tubuh tidak menyimpan sisa makanan yang membusuk yang tidak diperlukan oleh tubuh. Dalam keadaan puasaternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan lifosit hingga sepuluh kali lipat.
3.      Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Puasa dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena pada saat puasa terjadi peningkatan jumlah sel darah putih, terutama pada minggu kedua puasa. Sel darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh sehingga membuat tubuh kita kuat atas serangan penyakit. Pada peneltian terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar apobeta, menaikkan kadar apoalfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut dapat menjuahkan serangan penyakit jantung dan pembuluh darah.
4.      Meredakan Nyeri Sendi
Puasa dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada persendian bagi orang yang menderita arthritis atau radang sendi. Hal ini karena meningkatnya kemampuan sel netrofil dalam membasmi bakteri. Netrofil, disebut juga sel penetral, merupakan unsur yang dapat menetralkan racun atau bakteri yang menjadi penyebab radang sendi.
5.      Menurunkan Tekanan darah Tinggi, Kadar Gula dan Kolesterol
Saat puasa, konsumsi makanan yang mengandung lemak, gula, dan kolesterol tinggi akan berkurang. Hal ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kadar gula dalam darah dan kolesterol.
6.      Mengurangi Cairan Berlebih Dalam Tubuh
Penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta menngkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan memberi perlindungan terhadap fungsi ginjal. Kekurangan air dalam puasa ternyata dapat meminimalisirkan volume air dalam darah. Kondisi ini berakibat memacu kinerja mekanisme lokalpengatur prostaglandin yang pada akhirnya memacu fungsi da kerja sel darah merah. Puasa membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh karena pada saat puasa otomatis kita mengurangi konsumsi air. Hal ini membantu mengurangi pembengkakan pada perut, kaki dan lutut seperti yang sering dialami wanita pada saat haid.
7.      Menurunkan Kelebihan Berat Badan
Karena frekuensi makan dan ngemil yang berkurang, berat badan kita akan turun meskipun tidak signifikan. Hal ini harus disertai dengan konsumsi makanan rendah gula dan kalori, serta sayur dan buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar