Sabtu, 27 November 2010

27 November 2010

PELANGGARAN ETIKA DI PERUSAHAAN
Kode Etik di perusahaan sangat diperlukan sebagai dasar untuk menciptakan tata tertib yang baik di perusahaan. Dengan tata tertib yang baik, semangat kerja , moral kerja, efiseiensi dan efektivitas kerja karyawan akan meningkat. Tanpa dukungan disiplin kerja yang baik sulit bagi perusahaan untuk mewujudkan tujuannya. Jadi kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Disiplin merupakan suatu tuntutan bagi berlangsungnya suatu kemajuan dan perkembangan kehidupan suatu perusahaan. Penanaman disiplin dapat menimbulkan rasa tanggung jawab, penyadaran kewajiban dan mengutamakan hasil kerja yang baik sesuai standar kerja yang ditentukan. Dalam hal ini disiplin waktu juga termasuk salah satu hal yang penting karena jika kita sering datang terlambat hal ini bisa menimbulkan penilaian yang tidak baik oleh atasan kita. Hal itu akan menjadi cerminan diri kita sendiri yang kesulitan melakukan manajemen diri.
Contoh Kasus pelanggaran etika :
Dalam peraturan yang ada di perusahaan saya jam masuk kerja yang ditetapkan adalah pukul 08.30. Jika karyawan tersebut telat datang maka harus membuat Form Izin yang disertakan alasannya. Kejadian ini pernah pula saya alami bersama teman-teman kantor lainnya. Pada saat itu saya dan teman-teman menggunakan transportasi kerata api berangkat dari Stasiun Depok Baru menuju Stasiun Sudirman.
Ketika saya tiba di stasiun Depok Baru ternyata ada pemberitahuan bahwa jadwal kereta api  mengalami keterlambatan dikarenakan adanya gangguan sinyal antara Stasiun Universitas Indonesia sampai dengan Stasiun Pasar Minggu. Akhirnya setelah menunggu lama gangguan sinyal tersebut dapat diatasi dan kami menunggu datangnya kereta. Setelah kereta yang kami tunggu datang kereta kami tidak langsung bisa jalan karena menunggu antrian jalur kereta karena jalur yang bisa dipakai hanya satu saja. Tentu saja para penumpang kereta yang lainnya kecewa karena menunggu lama di dalam kereta.
Ketika akhirnya saya sampai di kantor jam sudah menunjukkan pukul 09.30. Itu artinya kami sudah telat selama satu jam. Pada saat itu juga kami diharuskan membuat Form Izin telat datang dengan disertai alasannya yang telah disetujui oleh atasan kami.
Penerapan disiplin haruslah dapat dilaksanakan oleh para karyawan dengan penuh kesadaran. Kadangkala ada hal-hal yang tidak diharapkan terjadi seperti contoh kejadian yang saya alami tersebut. Tetapi perusahaan dapat memaklumi apa yang terjadi berdasarkan alasan yang logis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar