Senin, 08 November 2010

KOPERASI UNGGULAN


PROFIL KOPERASI WANITA ” KENCONO WUNGU “
ALAMAT JL. RAYA JEND. SUDIRMAN NO. 61  SROYO
KEC. DLANGGU  KABUPATEN MOJOKERTO

SEKILAS TENTANG KOPWAN“  KENCONO WUNGU “
Koperasi Wanita “ Kencono Wungu “ berdiri tanggal 11 Nopember  1998 dengan anggota  25 orang, mendapatkan Badan Hukum tanggal 3 April 1989 Nomor 6504/BH/II/1989. Karena belum punya gedung sendiri, waktu itu menempati gedung Dekopinda Kabupaten  Mojokerto dengan status menyewa di Jl. Raya  Jabon  – Mojokerto.
Pada awal berdirinya “ Kencono Wungu “ mengalami kemajuan yang pesat. Pada tahun 1992 anggotanya mencapai 630 orang, Tetapi karena kesibukan Pengurus dan tempat tinggal yang  saling berjauhan, sehingga tidak bisa memantau jalannya organisasi secara maksimal.
Pada tahun 1992 Kopwan Kencono Wungu mulai mengalami  kemunduran, bahkan pada tahun 1993  dan  1994 macet sama sekali. Oleh Ibu Dra.Hj.Suwarni Munjerat sebagai salah satu pengurus saat itu  dicoba untuk membenahi management  dengan memindahkan kantor ke Jl. Jendral Sudirman 64 Dlanggu  yaitu ke rumah Ibu Suwarni Munjerat sendiri dengan anggota yang hanya 16 orang, dengan harapan :
1.     Tidak menyewa
2.     Tanpa karyawan (di tangani sendiri ) karena tidak mampu membayar gaji karyawan.
3.     Mendekati pasar desa Dlanggu, untuk mencari anggota baru.
Berkat usaha yang tanpa menyerah akhirnya “ Kencono Wungu “ bisa bangkit kembali, dari tahun ke tahun anggota berkembang. Untuk membuat gedung  dirintis dari sumbangan anggota yang menerima pinjaman.
Pada tanggal 3 Mei 2003 dibangunlah gedung I dengan biaya Rp. 115.000.000 Pada tanggal 12 Juli 2003 mulai menempati gedung sendiri.
Pada tahun 2007 di bangun lagi gedung ke II sebagai sambungan gedung Ke I untuk tempat pertemuan ( rapat ).  Dengan biaya  Rp. 122.000.000 dari sumbangan anggota juga.

PERKEMBANGAN KOPWAN KENCONO WUNGU
Wilayah kerja Kopwan Kencono Wungu meliputi daerah se-kabupaten Mojokerto yang terdiri dari 18 kecamatan.
Perkembangan anggota Kopwan Kencono Wungu semakin lama semakin meningkat,  akhir januari 2010 jumlah anggota Kopwan Kencono Wungu sebanyak 2.018 Orang dan terdiri dari 138 Kelompok. Kondisi demikian menunjukkan bahwa koperasi telah eksis dan mampu mengatasi permasalahan dimasa lampau. Sehingga dengan kesadaran dan kepercayaan, masyarakat tertarik menjadi anggota kopwan “KENCONO WUNGU”.

PERSONALIA
Pengurus aktif sebanyak  3 orang. Sedangkan pengawas aktif sebanyak 2 orang. Karyawan aktif sebanyak 6 orang.
Untuk mengontensifkan pembinaan kepada anggota maka pengurus dibantu oleh 5 orang PPL (Pembina Penyuluh Lapangan). PPL merupakan kader-kader pilihan yang diangkat  oleh pengurus melalui surat keputusan dan bertugas serta bertanggung jawab dalam pertemuan kelompok,yang dilaksanakan sebulan sekali. Sehingga secara strategis PPL bertugas membantu pengurus memajukan koperasi dalam  bidang organisasi.

PRESTASI YANG DICAPAI KOPWAN KENCONO WUNGU
1.     Tahun 2003 sebagai Koperasi pengelola PUK terbaik sekabupaten Mojokerto
2.     Tahun 2006 sebagai Koperasi simpan pinjam terbaik sekabupaten Mojokerto
3.     Tahun 2007 Ketua (Ibu Dra.Hj.Suwarni Munjerat ) mendapat lencana Bhakti  Koperasi dari
Mentri Koperasi PK
&M Jakarta
4.     Tahun 2007 sebagai Koperasi Wanita berprestasi tingkat Nasional, yang pialanya  di serahkan oleh Bapak Presiden Susilo Bambang  Yudhoyono di pulau Bali pada tanggal 12 Juli 2007.
5.     Setiap tahun dalam penilaian kesehatan koperasi selalu dapat nilai sehat (A).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar